JAXA Jepang sedang mempersiapkan Satelit SAR Generasi Terbaru ALOS-4

Satelit ALOS-4 (Sumber: JAXA )
.: inasar.id. JAXA (Japan Exploration Space Agency) saat ini sedang mempersiapkan satelit Synthetic Aperture Radar (SAR) generasi terbaru bernama Advanced Land Observing Satellite-4 (ALOS-4)  yang rencana akan diuncurkan pada tahun 2020. 

Satelit ini adalah satelit SAR yang beroperasi di gelombang L-Band (1,2 Gz) terpanjang di kelasnya dan merupakan kelanjutan dari Satelit SAR ALOS-2 yang rencana akan segera berakhir masa operasinya. Berdasarkan diskusi IN@SAR dengan pihak JAXA pada acara JPGu Meeting Tahun 2019 kemarin, ALOS-4 diharapkan dapat memberikan performance yang lebih baik dibandingkan generasi pendahulunya. Salah satu keunggulannya terkait spasial resolusi yang direncanakan akan mencapai 1 m x 3 m pada mode Spot Light, dan satelit ini mampu mengakuisisi data sekaligus untuk obyek selebar 700 km pada mode Scan SAR. 

Satelit ini  diharapkan dapat memberikan kontribusi pada bidang keamanan dan aktivitas manajemen kebencanaan, disamping fungsi lainnya. Satelit ini juga diharapkan dapat digunakan untuk monitoring di bidang kelautan dengan menerima signal AIS dari kapal dan sekaligus akuisisi gambar kapal dengan sensor PALSAR-3.

Gambar perbandingan resolusi spasial antara ALOS-2 dan ALOS-4 (Sumber: JAXA)

Satelit ini akan diluncurkan pada ketinggian 628 kilometer sama dengan ALOS-2. Satelit ini akan membawa 2 sensor utama yaitu PALSAR-3 yang merupakan sensor L-Band Synthetic Aperture Radar, dan Space-based Automatic Identification System Experiment (SPAISE 3)

Perbandingan cakupan perekaman antara ALOS-2 dan ALOS-4 (Sumber: JAXA)

Meskipun ALOS-2 sudah berakhir masa operasionalnya pada tahun 2020, tetapi satelit ini masih akan mengirimkan data ke bumi sampai dengan 5 tahun ke depan (Jecko)

Post a Comment

0 Comments